Tuesday, March 3, 2015

Menteri Rini Pilih Bandara di Lahan Reklamasi

DENPASAR-Fajar Bali | Pemerintah Provinsi Bali terus mendalami rencana pembangunan Bandara di Bali Utara. Pasca berkoordinasi ke Kementerian Perhubungan RI, kehadiran Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ke Bali juga tak disia-siakan. Gubernur Bali, Made Mangku Pastika melobi Menteri BUMN, Rini Soemarno agar proyek bandara tersebut segera terealisasi. Berdasarkan hasil koordinasi, Menteri BUMN pun menegaskan agar Bandara Bali Utara dibangun di atas lahan reklamasi.
Penegasan itu disampaikan oleh Menteri Rini Soemarno usai menggelar pertemuan di ruang kerja Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, beberapa hari lalu. Menurut Rini Soemarno kunjungan kerjanya ke Provinsi Bali memang membicarakan berbagai rencana pembangunan. Termasuk pula pembangunan Bandara di Bali utara.
Berdasarkan hasil koordinasi, Rini Soemarno menyampaikan, kemungkinan Bandara tersebut akan dibangun di atas lahan reklamasi. “Kita juga melihat kemungkinan untuk pembangunan Bandara di Bali Utara. Tapi, memang kemungkinan yang menjorok ke laut, jadi reklamasi,” tegasnya.
Opsi pembangunan bandara di atas lahan reklamasi, bukannya tanpa alasan. Menteri Rini Soemarno memaparkan, pemaparan rencana pembangunan di bagian utara dan barat dinilai tidak memungkinkan. Lantaran, di sisi utara masih dipenuhi dengan sawah-sawah produktif. Sehingga jika pembangunan dipusatkan di sana, akan mengorbankan lahan persawahan. Demikian juga dengan daerah barat yang merupakan wilayah pegunungan. Jadi akan banyak kendala, apabila dimanfaatkan sebagai lokasi pembangunan bandara.
“Kalau daerah barat itu pegunungan dan di utara sawah. Jadi tidak tepat, sehingga kemungkinan akan memilih opsi yang menjorok ke laut,” tegasnya. Sebagai tindak lanjut, BUMN akan berkoordinasi dengan PT. Angkasa Pura. Utamanya, untuk meninjau langsung ke lokasi di Bali Utara. Setelah itu, barulah dapat dibahas mengenai rencana-rencana selanjutnya.
Sebelumnya, untuk memantapkan pembangunan infrastruktur khususnya di bidang perhubungan, Wakil Gubernur Bali, Ketut Sudikerta, menghadiri rapat koordinasi dengan Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Ignasius Jonan, di kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub).
Dalam kesepatan itu, Wagub Sudikerta juga menyampaikan mengenai rencana pembangunan Bandara di Bali Utara. Terkait hal tersebut, Ignasius Jonan menyarankan Pemprov Bali melakukan koordinasi dengan pihak Angkasa Pura I. Lantaran masalah pengelolaan bandara akan lebih sesuai dilakukan dengan Angkasa Pura I.

No comments:

Post a Comment